Selasa, 22 Maret 2016

[Review Buku] Finding Audrey by Sophie Kinsella

Finding Audrey
by Sophie Kinsella
Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Alih bahasa: Angelic Zaizai
Editor: Dini Pandia
Desain sampul: Dima
Rate 4 of 5
Audrey menderita gangguan kecemasan. Masalah psikologis ini sampai menganggu kehidupan sehari-hari gadis berusia 14 tahun itu. kemajuan konsultasinya dengan Dr. Sarah pun berjalan perlahan.
Namun, ketika bertemu Linus, teman abangnya, Audrey jadi bersemangat. Ia merasa nyambung dengan cowok itu, bisa bercerita tentang berbagai ketakutan yang dirasakannya.
Saat persahabatan mereka semakin erat dan kesembuhannya semakin nyata, hubungan romantis yang manis terjalin di antara mereka. Hubungan yang bukan Cuma menolong Audrey tapi juga seluruh keluarganya.
Cerita dibuka dengan kegemparan Mum yang mendadak “gila”. Audrey hanya mengamati aksi Mum sambil mengasihi kemalangan Frank. Bagaimana tidak, laptop kesayangan Frank akan segera melayang dari lantai dua menuju kerasnya lantai halaman mereka.

Audrey tidak seperti gadis remaja pada umumnya. Ia menderita gangguan kecemasan yang membuatnya takut, gugup dan menangis saat berinteraksi dengan orang lain. Bahkan dengan keluarganya sendiri, tapi untuk menutupi ketakutan yang berlebihan pada keluarganya, Audrey memakai kacamata hitam yang bisa digunakan menghindari kontak mata.

Linus, sahabat teman kakaknya, Frank mengetahui masalah itu dan mencoba membantu. Perlahan demi perlahan Linus berusaha memahami Audrey dan mereka menjadi dekat. Audrey pun mulai terbiasa dengan kehadiran Linus, layaknya sebagai keluarga.

Audrey membaik. Tapi Mum selalu cemas dan mewaspadai Linus. Dan kecemasan itu bukan hanya sekedar kecemasan seorang ibu belaka,  ketika suatu pagi Audrey menghilang dari rumah dan penyebabnya adalah Linus.

***


Aku harus mengakhiri novel ini dengan penuh senyum dan gelak tawa. Novel ini sempurna untuk memperbaiki mood aku yang lagi naik turun. Gimana enggak, sepanjang halaman novel ini menyuguhkan adegan menarik yang di bumbui kasih sayang dari orang-orang sekitar Audrey.

Sudut pandang yang diambil dari sudut pandang Audrey. Dan cara penyampaian Audrey itu seperti dia bercerita kepada pembaca. Aku suka sekali bagian ini, rasanya seolah-olah Audrey mengajak aku untuk nonton kisah keluarga mereka yang super kacau tapi menyenangkan.

Tidak ada yang “istirahat” di dalam novel ini. Semua tokoh terus berperan aktif sampai halaman terakhir novel ini. Membuat novel ini terasa banget kekeluargaannya. Dan jujur aja, hampir semua tokoh dalam novel ini jadi favorit aku ^^

Keluarga

Cerita dibuka dengan kehebohan keluarga Turner. Aku suka sekali interaksi Mum-Frank, Mum-Dad, dan Mum-Felix. Kelihatan sekali kalau Mum adalah tipe-tipe ibu menyebalkan bagi anak-anaknya. Tapi apa yang dikatakan Mum hampir semuanya benar. Ingat ya, hampir semuanya benar XD. Maksud aku, ya semua ibu memang selalu benar. Cuma keinginan seorang anak dan hobi mereka juga bukan suatu kesalahan. Tapi kalau ngelihat Mum dan Frank, yakin dech gak akan bisa ngebantah apa kata Mum. Paling tragis itu adalah ketika Mum ngelempar laptop Frank.

Wow ...

Ngelempar? Yup ngelempar dari lantai dua gara-gara Frank ketagihan main game online.

Buaannyyaaak banget momen Mum-Frank yang bikin ngakak. Mau tau yang lebih ngakak (dan ini menjadi super favorit aku) adalah Mum manjat ke lantai dua demi ngintip Frank sedang ngapain. Gilanya lagi, Mum manjat pake gaun dan high heels. Gak ngebayangin gimana ekspresi Frank pas ketangkap basah saat itu.

Trus Mum-Dad. Dad itu dikendalikan sama Mum. Sebenarnya Dad gak ngelarang sih Frank main game, Cuma karena desakan Mum dan berbagai macam dampak negatif dari game, akhirnya Dad berdiri di sebalah Mum. Dan sasaran kekesalan Frank, tentu aja Dad haha. Kocak banget waktu Frank ketahuan nge-hack komputer ayahnya dan ngebaca semua dokumen-dokumennya dan gimana Frank ganggu kerjaan ayahnya dengan menggunakan komputer ayahnya untuk alasan pengan buat PR.

Mum-Felik yang paling cute. Felix anak usia 4 tahun yang kadang masih belepotan ngomongnya tapi bikin Mum gak bisa marah. Sayangnya gak banyak sih momen Mum-Felik.

Dari di antara sekian banyak momen keluarga, entah kenapa aku malah gak tertarik dengan interaksi Mum-Audrey. Biasa aja, gak ada emosi yang bisa aku rasakan ketika di bagian Mum-Audrey.

Persahabatan

Awalnya Linus mencoba bersahabat dengan Audrey, tapi dalam sekejap aja mereka udah ciuman dan jadian. Sayang aja sih, jadinya momen persahabatan ini kurang. Malah kan Linus ini sahabatnya Frank, tapi interaksi mereka juga kurang. Cuma sebatas tim dalam game online yang mereka kerjakan. Sahabat Audrey yang sesama cewek pun, Natalie, Cuma sekilas di kasih nampak. Selain itu kurang terasa persahabatanya.

Percintaan

Ini terasa sekali waktu Audrey dan Linus makin dekat. Mereka makin banyak menghabiskan waktu bersama dan Linus sering menantang Audrey untuk menyapa orang-orang asing yang tidak mereka kenal. Linus cowok yang menyenangkan dan kedekatan Audrey-Linus terasa manis banget. Khas remaja pada umumnya.

Konflik

Nah bagian ini yang bikin aku agak kecewa. Konflik kan seputaran Audrey yang mengalami gangguan kecemasan dan penyebabnya itu gak jelas kenapa. Dari percakapan para tokoh yang ada di novel ini, aku Cuma ambil kesimpulan, ada sesuatu yang terjadi pada Audrey di sekolahnya dulu, berhubungan dengan seorang cewek bernama Tasha dan tindakan Tasha serta kawan-kawan membuat mereka di keluarkan dari sekolah. Masalahnya aku gak tahu apa masalah itu. Gak ada penjelasan apa-apa untuk bagian ini, aku jadi penasaran akut sama penyebab gangguan yang diderita Audrey. Sehingga penilaian aku agak minus di bagian ini.

Oke gini, bilang aja kalau Audrey kena bully di sekolahnya. Tapi bully macam apa yang membuat Audrey sampai kena gangguan gitu? Dan salah satu pembully Audrey terkena dampak penurunan mental (kesimpulan aku pas deskrispi Adurey tentang Izzy yang kembali seperti anak-anak dengan baju kembang-kembang dan rambut dikucir serta dipasangi pita).

Konflik lainnya yang bikin grget adalah keras kepala Audrey saat ia memaksakan kehendakknya. Ia merasa sudah sehat dan kembali normal (kacamata masih tetap nempel di mata) ketika ia banyak mengalami kemajuan. Dan ia mulai mengabaikan nasehat Dr. Sarah dan berhenti minum obat. Audrey juga bersikap egois dengan membantah semua perhatian orang-orang terdekatnya.

Konflik ringan dalam keluarga tentu aja Mum-Frank. Aduh aku gak tahan pengen ceritain semua kebanyolan kedua tokoh tersebut wkwkwk dan ada kejutan yang terjadi pada Frank dan Dad (kalian gak akan percaya yang satu ini wkwkwk) euhm dan Mum sih sedikit “jinak”, tetap bawel dan menjadi penguasa di rumah.

Aku Cuma menemukan satu kesalahan dalam novel ini. Di halaman 103 ada kesalahan ketik, seharusnya tertulis Linus, tapi yang tertulis malah Frank.

Secara keseluruhan aku sangat-sangat-sangat suka novel ini. Banyak pelajaran yang ada di dalam novel ini. Terutama tentang “grafik kehidupan”. Kita sebagai manusia tidak mungkin, dan tidak akan pernah bisa memiliki grafik lurus, akan ada gerigi yang harus di lalui agar dapat melihat grafik tersebut terus naik.

Dan aku juga suka gimana tindakan kedua orang tua Adurey saat anaknya menderita penyakit itu. Mereka jadi mencurahkan seluruh perhatian kepada keluarga. Dan aku rasa memang seharusnya seorang ibu ada di rumah, bukannya bekerja. Pas baca novel ini, aku gak begitu menyesal memilih berkeja sebagai IRT daripada wanita karir.

Novel ini aku rasa cocok dibaca semua umur, terutama remaja yang terkadang masih suka bersikap egois dengan mengacuhkan orang-orang terdekat yang menyayanginya. Dan novel ini aku rekomendasikan untuk pecinta buku yang menyukai tema kekeluargaan yang kocak dan kompak ^^

Happy Reading All ^^

***

Tulisan ini diikutsertakan dalam:



G+

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan komentarmu disini

 
;